Rabu, 19 Agustus 2015

Menuntut ilmu

بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamu'alaikum Wr. Wb




1. Menuntut Ilmu Wajib Bagi Setiap Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ artinya: Menutut Ilmu Wajib atas semua muslim dan muslimah.

Tholabul Ilmi Faridlotun ‘Ala Kulli Muslimin Wamuslimatin (HR. Ibnu Majah, Baihaqi)


Kewajiban menuntut ilmu dalam hadits ini adalah ilmu agama, ilmu yang akan menuntun setiap orang muslim pada kehidupan yang hakiki


2. Menuntut Ilmu Sampai Kenegeri China.

Dalam hadits ini menunjukkan pentingnya menuntut ilmu walaupun sampai ke negeri yang jauh sekalipun yaitu China.

اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ artinya: Carilah ilmu sekalipun di negeri Cina.


Namun Hadits ini banyak berselisih pendapat mengenai keshohehannya bahkan ada yang berpendapat bahwa hadits ini dianggap bathil mengingat china tidak menunjukkan kemuliaan, jadi kalaupun hadits ini shoheh tidak dimaksudkan sama sekali dalam hadits ini mengenai keutamaan negeri China melainkan jauhnya.


3. Menuntut Ilmu Sampai Liang Lahat. اطْلُبُوْا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ artinya: Carilah ilmu sejak bayi hingga ke liang kubur.


4. Mencari Ilmu Untuk Dunia dan Akhirat.

Dibawah ini juga dianggap sebagai hadits lemah atau tidak ada asalnya dan ada yang mengatakan bahwa ini ucapan Imam asy-Syafi’i bukan ucapan Nabi Muhammad S.A.W.

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

artinya: Barang siapa yang menghendaki dunia maka hendaknya dia berilmu. Dan barang siapa yang menghendaki akhirat maka hendaknya dia berilmu. Dan barang siapa yang menghendaki dunia dan akhirat maka hendaknya dia berilmu.

1 komentar: