Senin, 21 September 2015

Apakah Surga Hanya Untuk Muslim dan Non Muslim Masuk Neraka ?

بسم الله الرحمن الرحيم


Pertanyaan:

Apakah surga hanya untuk agama islam saja begitu juga neraka ? apakah orang yang telah berbuat banyak dosa ada kemungkinan masuk surga ? Bagaimana dengan agama diluar islam, apakah mereka juga akan diazab padahal mereka didunia selalu berbuat baik dan berlaku juga surga dan neraka ?

Jawaban:

Surga hanya diperuntukkan buat orang-orang yang punya iman kepada Allah SWT meski hanya secuil. Iman disini maksudnya bukan sekedar percaya bahwa Allah SWT itu ada, tetapi mengakui Allah SWT sebagai sembahan, Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul, Al-Quran sebagai kitab suci, mengakui adanya nabi terdahulu dan juga kitab-kitab mereka, mengakui adanya hari akhir serta adanya taqdir baik dan buruk.

Secara formal lidahnya haruslah mengucapkan dua kalimat syahadat. Sedangkan dari lubuk hatinya ikut membenarkan dan seluruh anggota badannya membuktikan bahwa dirinya adalah seorang muslim.

Hanya orang-orang yang sudah memenuhi kriteria ini sajalah yang punya peluang masuk surga. Namun kalau timbangan amal keburukannya lebih berat dari timbangan amal baiknya, dia harus menjalani dulu siksaan sebagai penebus dosa-dosanya di neraka. Hingga masa waktu yang hanya Allah SWT saja yang tahu, barulah dia bisa masuk surga.

Sedangkan bila sejak awal sudah ingkar kepada salah satu rukun iman berarti gugur pula ke-Islamannya, atau bahkan sama sekali tidak mengaku muslim, maka tidak ada cerita bisa masuk surga. Tempatnya adalah neraka selama-selamanya. Maka setelah masa kenabian Muhammad SAW, agama apapun yang dipeluk orang selain Islam hanya akan membawa mereka ke neraka. Sebab selain Islam, Allah SWT tidak akan menerimanya.

"Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya". (QS. Ali Imaran : 19)
[*Al Kitab Maksudnya ialah Kitab-Kitab yang diturunkan sebelum Al Quran.]

Meskipun secara lahiriah pemeluk agama non Islam itu sering berbuat kebaikan kepada sesama. Tapi di sisi Allah SWT, semua amal kebajikan di dunia ini tidak lain hanyalah fatamorgana.

"Dan orang-orang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya". (QS. An-Nuur : 39)

Di hari akhir nanti, orang-orang yang tidak memeluk Islam akan merasa menyesal, karena mereka menyangka cukup sekedar berbuat baik kepada orang-orang akan mengantarkannya ke surga. Padahal surga tidak dihuni kecuali oleh orang-orang muslim saja.

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa", (QS. Ali Imran : 133)

Sedangkan pemeluk nasrani, yahudi, majusi, Hindu, Budha, Konghuchu dan apapun agama di dunia ini, akan menghuni neraka selamanya.

Mereka kekal di dalamnya. Sebab tak ada secuil pun iman di dada. Sementara amal kebaikan mereka hanyalah fatamorgana. Tidak ada gunanya.

"Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" Mereka menjawab: "Benar ". Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir". (QS. Az-Zumar : 71)
"Dikatakan : "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri". (QS. Az-Zumar : 72)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar